Ikrima, Nina (2024) Pengaruh penerapan model pembelajaran index card match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada peserta didik kelas IV di SD Negeri 39 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811257.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (556kB)
BAB I_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB) | Request a copy
BAB II_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
BAB III_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
BAB IV_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (343kB) | Request a copy
BAB V_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (67kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811257.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (55kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk memperoleh
pemahaman perihal peningkatan belajar Pendidikan Agama Islam sebelum dan setelah menggunakan Model pembelajaran Index Card Match di SD Negeri 39 Pangkalpinang, serta untuk memperoleh pemahaman perihal adakah pengaruh model pembelajaran Index Card Match dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 39 Pangkalpinang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksakan di SD Negeri 39 Pangkalpinang, yang belrlokasi di jalan Arwana III kellurahan Gabelk 1 Kelcamatan Gabelk kota Pangkalpinang. Kajian ini dijalankan pada bulan Selptelmbelr 2022 sampai delngan Novelmbelr 2023.
Berdasarkan hasil penelitian yang didapat Skor tertinggi kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 68. Skor terendah kelompok eksperimen dan kontrol yaitu 52. Sedangkan untuk skor rata-rata kelompok ekperimen yaitu 60,00 dan kelompok kontrol yaitu 60,25. Skor total pada kelompok eksperimen yaitu 900 dan kelompok kontrol 964. Simpangan baku pada kelompok eksperimen yaitu 5,855 dan kelompol kontrol 4,946. Skor tertinggi kelompok eksperimen yaitu 88 dan kontrol yaitu 72. Skor terendah kelompok eksperimen yaitu 76 dan kontrol yaitu 56. Sedangkan untuk skor rata-rata kelompok ekperimen yaitu 81,60 dan kelompok kontrol yaitu 64,00. Skor total pada kelompok eksperimen yaitu 1224 dan kelompok kontrol 1024. Simpangan baku pada kelompok eksperimen yaitu 4,485 dan kelompol komtrol 5,657. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji paired- sampel t test. Tabel diatas menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen memiliki nilai signifikansi 0,00 atau nilai sig < 0,05, sedangkan pada kelompok kontrol menunjukan nilai signifikansi 0,110 atau nilai sig > 0,05. Adapun hal tersebut menunjukan bahwa pada kelompok eksperimen ada pengaruh antara model pembelajaran Index Card Match terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas IV SDN 39 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran; index card match; hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nina Ikhrima |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:00 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:00 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1703 |