Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri di MAS Nurul Ihsan Pangkalniur

Pratama, Selfi (2023) Efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri di MAS Nurul Ihsan Pangkalniur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1815065.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1815065.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1815065.pdf] Text
BAB I_1815065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[thumbnail of BAB II _1815065.pdf] Text
BAB II _1815065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[thumbnail of BAB III_1815065.pdf] Text
BAB III_1815065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[thumbnail of BAB IV _1815065.pdf] Text
BAB IV _1815065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (622kB)
[thumbnail of BAB V_1815065.pdf] Text
BAB V_1815065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA _1815065.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA _1815065.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan penelitian ini berdasarkan banyaknya peserta didik yang kurang
percaya diri, sehingga tingkat kepercayaan diri rendah. Hal ini dapat menyebabkan prestasi belajar kurang memuaskan karena selalu beranggapan negatif, tidak percaya akan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri peserta didik di MAS Nurul Ihsan pangkalniur dengan menggunakan teknik role playing.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Eksperimen. Eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperimental Design tipe One group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 76 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 15 peserta didik MAS Nurul Ihsan pangkalniur, sedangkan analisis data melalui beberapa tahapan uji yakni uji normalitas dan uji t-test.

Hasil dalam penelitian ini, yaitu terdapat perbedaan prettest dan posttest kelompok eksperimen dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-test dengan rumus paired sample test yang mana diperoleh nilai thitung ˃ ttabel sebesar 13,970, adapun nilai dari ttabel dengan sig. (2-tailed) 0,05 dengan df = 14 yaitu sebesar 1,761. Dapat dilihat bahwa thitung (13,970) > (1,761) ttabel, sehingga hipotesis dinyatakan efektif antara masing-masing variabel independen dan dependen. Berdasarkan nilai signifikan p 0,00
< α 0,05 dinyatakan signifikan dalam pemberian treatment role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dan terdapat perbedaan peningkatan rata- rata yang dilihat dari hasil prettest 54,5 dan posttest 79,7.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: konseling kelompok; teknik role playing; dan kepercayaan diri
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selfi Pratama
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:41
Last Modified: 23 Jan 2024 07:41
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item
View Item