Islahiah, Islahiah (2024) Pengembangan kemampuan sosial emosional anak melalui permainan ular tangga usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Dusun Limus Desa Serdang Kecamatan Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (549kB)
BAB I_1912025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB) | Request a copy
BAB II_1912025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (201kB) | Request a copy
BAB III_1912025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB) | Request a copy
BAB IV_1912025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (567kB) | Request a copy
BAB V_1912025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (39kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1912025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Dalam aspek perkembangan anak usia dini, perkembangan sosial emosional anak merupakan bagian dari aspek-aspek perkembangan yang sangat penting pada anak yang mana perkembangan ini sangat berpengaruh untuk perkembangan anak selanjutnya. Kegiatan bermain ular tangga merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembagkan sosial emosional anak itu sendiri. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kegiatan permainan ular tangga untuk mengembangkan kemampuan sosial emosional anak, dan untuk mengetahui bagaiamana hasil kegiatan permainan ular tangga dalam pengembangan kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Ananda Dusun Limus Desa Serdang Kecamatan Toboali.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang di analisis secara deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk mendapatkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian hasil dari data yang didapatkan peneliti di analisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan teori-teori yang relevan agar diperoleh gambaran yang telah ada.
Berdasarkan hasil analisa peneliti menunjukan bahwa pengembangan kemampuan sosial emosional anak melalui kegiatan permainan ular tangga dapat berkembang sesuai harapan. Hal tersebut dilihat dari delapan indikator anak mampu mengekspresikan emosi sesuai kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dsb.), anak mampu mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar, anak mampu membangkitkan semangat dalam diri, anak mampu memiliki sikap gigih dan tidak mudah menyerah, anak mampu memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi, anak mampu menaati peraturan dan disiplin, anak mampu bermain dengan teman sebaya, anak mampu bersikap kooperatif dengan teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan; sosial emosional; permainan ular tangga |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Islahiah Islahiah |
Date Deposited: | 11 Jan 2024 07:25 |
Last Modified: | 11 Jan 2024 07:25 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1665 |