Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang

Sari, Uci Wulan (2023) Peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1812064.pdf] Text
Halaman Awal_1812064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1812064.pdf] Text
BAB I_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1812064.pdf] Text
BAB II_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1812064.pdf] Text
BAB III_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1812064.pdf] Text
BAB IV_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1812064.pdf] Text
BAB V_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1812064.pdf] Text
Daftar Pustaka_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini melatarbelakangi oleh adanya anak autisme yang selalu memerlukan guru pendamping dalam setiap kegiatannya dala proses belajar, hal ini dikarenakan anak autisme belum bisa berkonsentrasi belajar apabila tidak ada guru pendampingnya. Permasalahan ini tentunya berhubungan dengan peran guru shadow yang belum diketahui banyak orang bahwasanya peran guru shadow sangatlah penting sebagai pendamping dari anak autisme. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme usia 4-5 tahun di Tk Al-Kindi Preschool Pangkalpinang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu melakukan reduksi data yang dianggap penting, kemudia menyajian data yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme di Tk Al-Kindi Preschool Pangkalpinang ialah: pertama, mendampingi guru kelas dalam menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar, kedua, mendampingi anak autisme dalam menyelesaikan tugasnya dalam pemberian instruksi yang singkat dan jelas, ketiga, memilih dan melibatkan anak seumuran untuk kegiatan sosialnya, keempat, menyusun kegiatan yang dapat dilakukan didalam maupun diluar kelas, kelima, mempersiapkan anak dalam melakukan rutinitas dalam berbentuk positif, keenam, menekan keberhasilan anak dan memberikan penghargaan yang sesuai serta pemberian konsekuensi terhadap perilaku yang tidak sesuai, ketujuh, meminimalisasikan kegagalan pada anak, kedelapan, memberikan pengajaran yang menyenangkan pada anak untuk menjalankan individual program pembelajaran. Kemudia faktor yang mempengaruhi proses belajar anak autisme ialah: pertama, faktor lingkungan, kedua, faktor dalam diri anak sendiri, ketiga, kombinasi antara faktor lingkungan dan faktor diri anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran guru shadow
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Uci Wulan Sari
Date Deposited: 20 Dec 2023 04:02
Last Modified: 20 Dec 2023 04:02
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1649

Actions (login required)

View Item
View Item