Sari, Uci Wulan (2023) Peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme di TK Al-Kindi Preschool Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
BAB II_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (124kB) | Request a copy
BAB III_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (180kB) | Request a copy
BAB IV_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
BAB V_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (85kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini melatarbelakangi oleh adanya anak autisme yang selalu memerlukan guru pendamping dalam setiap kegiatannya dala proses belajar, hal ini dikarenakan anak autisme belum bisa berkonsentrasi belajar apabila tidak ada guru pendampingnya. Permasalahan ini tentunya berhubungan dengan peran guru shadow yang belum diketahui banyak orang bahwasanya peran guru shadow sangatlah penting sebagai pendamping dari anak autisme. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme usia 4-5 tahun di Tk Al-Kindi Preschool Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu melakukan reduksi data yang dianggap penting, kemudia menyajian data yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru shadow dalam membimbing proses belajar anak autisme di Tk Al-Kindi Preschool Pangkalpinang ialah: pertama, mendampingi guru kelas dalam menyiapkan kegiatan yang berkaitan dengan materi belajar, kedua, mendampingi anak autisme dalam menyelesaikan tugasnya dalam pemberian instruksi yang singkat dan jelas, ketiga, memilih dan melibatkan anak seumuran untuk kegiatan sosialnya, keempat, menyusun kegiatan yang dapat dilakukan didalam maupun diluar kelas, kelima, mempersiapkan anak dalam melakukan rutinitas dalam berbentuk positif, keenam, menekan keberhasilan anak dan memberikan penghargaan yang sesuai serta pemberian konsekuensi terhadap perilaku yang tidak sesuai, ketujuh, meminimalisasikan kegagalan pada anak, kedelapan, memberikan pengajaran yang menyenangkan pada anak untuk menjalankan individual program pembelajaran. Kemudia faktor yang mempengaruhi proses belajar anak autisme ialah: pertama, faktor lingkungan, kedua, faktor dalam diri anak sendiri, ketiga, kombinasi antara faktor lingkungan dan faktor diri anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru shadow |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Uci Wulan Sari |
Date Deposited: | 20 Dec 2023 04:02 |
Last Modified: | 20 Dec 2023 04:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1649 |