Yanti, Dae (2023) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi bullying dengan penerapan bimbingan kelompok di SMP Negeri 8 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1915014 (1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (619kB)
BAB 1_1915014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (171kB) | Request a copy
BAB II_1915014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (210kB) | Request a copy
BAB III_1915014.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (102kB) | Request a copy
BAB IV_1915014.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (110kB) | Request a copy
BAB V_1915014.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (8kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915014.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (87kB) | Request a copy
LAMPIRAN_1915014_.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini diambil dari permasalahan kasus bullying yang selalu menjadi salah satu topik hangat, salah satunya di Bangka Belitung yang dikemukakan peneliti berdasarkan observasi di SMP Negeri 8 Pangkalpinang. Sebagaimana telah didapati bahwa terjadi bullying di sekolah tersebut, baik bullying verbal, fisik, cyberbullying, maupun sosial. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) Peran guru BK dalam mengatasi bullying yang terjadi di lingkup SMP Negeri 8 Pangkalpinang, 2) Proses dalam mengatasi bullying yang dilakukan Guru BK di SMP Negeri 8 Pangkalpinang dengan penerapan bimbingan kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Adapun untuk informan dalam penelitian ini yaitu, kepala sekolah, guru bk, dan peserta didik yang terlibat dalam bullying. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, antara lain; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan model Miles dan Huberman. Sedangkan untuk menjamin keabsahan data menggunakan triangulasiteknik.
Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru BK SMP Negeri 8 Pangkalpinang memiliki peran penting di sekolah, dalam mengatasi bullying guru BK SMP Negeri 8 mengambil peran pengembangan (perseveratif) potensi diri ysng digunakan guru BK dalam menghadapi pelaku maupun korban bullying dan peran pencegahan (preventif) masalah yang digunakan guru BK kepada seluruh peserta didik agar tidak terjadi lagi permasalahan bullying di sekolah maupun luar sekolah, 2) Proses pengentasan bullying yang dilakukan oleh guru BK, antaralain: (a) Tahapan, (b) pelaksanaan kegiatan pengentasan bullying, (c) Kerja sama dengan pihak lain, (d) hambatan dalam pengentasan bullying, dan (e) Hasil dari pengentasan bullying yang dilakukan oleh Guru BK SMP Negeri 8 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru bimbingan dan konseling; bullying; bimbingan kelompok. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | DAE YANTI |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 05:38 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 05:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1633 |