Humairoh, Alpin Nuri (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan waktu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (363kB)
BAB I_1915007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (422kB) | Request a copy
BAB II_1915007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (571kB) | Request a copy
BAB III_1915007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (832kB) | Request a copy
BAB IV_1915007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1915007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (214kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan waktu peserta didik kelas X. Di mana, kelas X ini merupakan siswa baru yang belum mengerti tentang peraturan atau tata tertib yang berlaku di sekolah tersebut. Namun, kurangnya peningkatakan kedisiplinan waktu membuat peserta didik belum memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungannya, sehingga untuk meningkatkan kedisiplinan waktu, peserta didik diberikan bimbingan kelompok. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan waktu peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Mendo Barat.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk pre-experimental design dengan design penelitian yang digunakan one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan kedisiplinan waktu dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis yaitu uji T dan uji N-gain score.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kedisiplinan waktu peserta didik SMA Negeri 1 Mendo Barat. Penelitian ini memberikan makna bahwa melaui bimbingan kelompok siswa dapat memeiliki kedisiplinan yang baik. Kesimpulan dibuktikan melaui hasil perhitungan hipotesis yang menunjukan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 17,462 > 1,673 yang terdapat diterima pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang ditegakkan oleh peneliti telah teruji kebenarannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan kelompok; kedisiplinan waktu; pre-eksperimental |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Alpin Humairoh |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 08:41 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 08:41 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1617 |