Ambar, Jeni (2023) Penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam meningkatkan perhatian anak usia 4-5 tahun di TK Az-Zakyyah Desa Kace. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (765kB)
BAB I_1912026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
BAB II_1912026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (489kB) | Request a copy
BAB III_1912026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (390kB) | Request a copy
BAB IV_1912026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (876kB) | Request a copy
BAB V_1912026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912026.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Metode bercerita menggunakan boneka tangan merupakan kegiatan bercerita dengan menggunakan boneka tangan sebagai media pembelajarannya. Boneka tangan yang digunakan dapat menyerupai bentuk karakter tokoh manusia maupun binatang, dengan cara menggunakannya cukup dipasangkan pada tangan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bererita dengan boneka tangan dalam meningkatkan perhatian anak usia 4-5 tahun.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara yang mendalam kepada kepala sekolah dan guru-guru yang terlibat dalam kegiatan bercerita dengan boneka tangan. Serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan saat penelitian. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam meningkatkan perhatian anak usia 4-5 tahun di TK Az- zakyyah Desa Kace melalui beberapa tahap yaitu (1) Tahap Perencanaan: guru membuat rpph, guru menentukan tema, guru mempersiapkan diri dalam penguasaan tema pelajaran, guru menyiapkan media, guru mempersiapkan ruangan, (2) Tahap Pelaksanaan: guru memberitahu judul ceritam guru memperkenalkan boneka tangan, guru memberikan Pertanyaan terhadap cerita,dan (3) Tahap Evaluasi: guru membuat ceklist dan catatan anekdot. Hasil penerapan metode bercerita dengan boneka tangan dalam meningkatkan perhatian anak usia 4-5 tahun di TK Az-zakkyah Desa Kace berkembang sesuai harapan. Hal tersebut dilihat dari ke tiga indikator antara lain : anak mampu konsentrasi ketika menyimak, anak mampu mengingat nama tokoh dalam cerita dan anak mampu menjawab pertanyaan dari guru ketika setelah bercerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penerapan; perhatian; metode bercerita; media boneka tangan |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Jeni Ambar |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:30 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:30 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1611 |