Siskarmila, Siskarmila (2023) Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap guru rumpun mata pelajaran pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1711174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (909kB)
BAB I_1711174.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (417kB) | Request a copy
BAB II_1711174.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (534kB) | Request a copy
BAB III_1711174.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB IV_1711174.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (369kB) | Request a copy
BAB V_1711174.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (263kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1711174.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (400kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Kegiatan supervisi pendidikan sangat penting untuk dilaksanakan dimadrasah karena supervisi akademik dilaksanakan untuk membantu, menilai, memperbaiki, meningkatkan dan mengembangkan mutu pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap guru rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Bahrul Ulum Kabupaten Bangka Barat dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah terhadap guru rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Bahrul Ulum Kabupaten Bangka Barat
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi nonpartisipan, dengan wawancara terstruktur, dan dokumentasi berupa foto. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data terlebih dahulu untuk selanjutnya di analisis melalui proses reduksi data, tahap menyajikan data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi kepala madrasah terhadap guru rumpun PAI telah dilakukan secara baik dan terprogram. Perencanaan supervisi yang dilakukan kepala madarsah dengan mempersiapkan instrumen yang akan digunakan, menentukan teknik supervisi yang akan digunakan serta membuat jadwal waktu pelaksanaan secara matang. Pelaksanaan supervisi akdemik yaitu menggunakan teknik supervisi individual yang dilakukan dengan melalui kunjungan kelas, melalui observasi kelas dan pertemuan individu. Hasil evaluasi guru sebagai penilaian yang hasilnya bisa memberikan masukan kepada guru apabila perlu diadakan perbaikan untuk memperbaiki program pembelajaran di kelas sedangkan tindak lanjut supervisi akademik di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum yaitu dengan memberikan pembinaan dan pengarahan kepada guru. Kendala dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu jadwal yang tidak sesuai karena banyak tugas dan kegiatan kepala madrasah serta masih adanya guru tidak menetap lama di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum. Upaya mengatasi kendala yaitu memberikan penguatan dan motivasi serta pengarahan tentang tanggungjawbnya dan. Menyusun waktu pelaksanaan secara fleksibel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | supervisi akedemik; kepala madrasah; guru rumpun pai |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.2 Administrasi Sekolah, Manajemen Sekolah 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Siskarmila Siskarmila |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:42 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:42 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1610 |