Mahdina, Dina (2023) Pelaksanaan model pembelajaran sentra balok dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (548kB)
BAB I_1912014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB) | Request a copy
BAB II_1912014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (240kB) | Request a copy
BAB III_1912014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (98kB) | Request a copy
BAB IV_1912014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (836kB) | Request a copy
BAB V_1912014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (33kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi, berdasarkan observasi awal di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang, di sana peneliti melihat pada saat kegiatan sentra. Salah satunya adalah sentra balok. Di sentra balok peneliti melihat ada beberapa anak belum mengenal bentuk geometri, mengidentifikasi serta mengklasifikasi benda sesuai kelompok nya belum optimal serta menggunakan lambang bilangan untuk menghitung terkadang tidak sesuai dengan urutan lambang bilangan yang tepat. Di sisi lain peneliti melihat ada banyak jumlah balok yang disediakan dengan berbagai macam jenis dan ukuran. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran sentra balok dalam mengembangkan kecerdasan logika matematika pada anak usia 4-5 tahun di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang.
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan atau (field research), dimana pengumpulan data dilakukan secara langsung dari lapangan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan peneliti menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini pada pembelajaran sentra balok di Tk Tamasha Valaq Pangkalpinang sebagai berikut: 1) Pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini di TK Tamasha Valaq dilakukan dengan cara pelaksanaan model pembelajaran sentra balok. 2) Pengembangan kecerdasan logika matematika anak usia dini pada pembelajaran sentra balok di Tk Tamasha Valaq Pangkalpinang dilakukan melalui beberapa langkah yaitu menunjukkan rasa ingin tahu mengenai kerja sesuatu, mengurutkan sesuatu dari mulai paling kecil, sedang hingga yang paling besar, menghubungkan bentuk geometri dengan benda sekitar, mengenal warna, menghubungkan konsep dan lambang bilangan 1-20, mengurutkan benda berdasarkan ukuran, warna dan jenis permukaan serta menggelompokkan bentuk geometri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran sentra balok; mengembangkan kecerdasan logika |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dina Mahdina |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 03:26 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 03:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1609 |