Ningsih, Sri Ayu (2023) Penerapan metode bernyanyi dalam mengenalkan kosakata Bahasa Arab pada anak usia 4-6 tahun di TK Fedikapuri Desa Sampur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (753kB)
BAB I_1912063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (357kB) | Request a copy
BAB II_1912063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
BAB III_1912063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (475kB) | Request a copy
BAB IV_1912063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1912063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1912063.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (318kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Bahasa Arab memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan islam, pada era saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan hal yang mampu menambah kecakapan hidup seseorang. Kemampuan berbahasa terutama kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab adalah kemampuan yang sangat penting untuk dikuasai terutama pada anak usia dini. Pembelajaran berbahasa untuk anak usia dini diharapkan bisa diajarkan melalui kegiatan yang lebih menarik salah satunya dengan bernyanyi. Karena pada dasarnya, anak usia dini lebih cenderung tertarik pada kegiatan yang bersifat menyenangkan dalam proses pembelajaran mereka, menerapkan pengenalan bahasa Arab sejak dini akan memberikan dampak yang baik untuk anak menuju jenjang pendidikan selanjutnya.
Penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif penelitian ini peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bernyanyi dalam mengenalkan kosakata bahasa Arab pada anak. Sumber data yang didapat dari wawancara, observasi dan dokumentasi, subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru dan anak anak kelompok A dan B TK Fedikapuri desa Sampur. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara guru dan kepala sekolah serta dokumentasi foto, lalu dianalisis dalam bentuk deskriptif.
Berdasarkan hasil analisa peneliti menunjukan bahwa pengembangan kemampuan mengenalkan kosakata bahasa Arab menggunakan metode bernyanyi dapat berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik. Hal tersebut dilihat dari lima indikator anak mampu melafalkan kata atau huruf Arab dengan tepat, anak mampu menunjukkan makna dari kata yang diberikan berdasarkan perintah yang ada, anak mampu menirukan lafal huruf yang dikenalkan, anak mampu mengulang kembali lafal kata atau huruf yang telah didengarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode bernyanyi; kosakata bahasa arab; anak usia dini. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sri Ayu Ningsih |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 04:49 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 04:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1602 |