Lavitasari, Evira (2023) Implementasi layanan konseling individual mengatasi kesulitan dalam belajar peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1915023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (438kB) | Request a copy
BAB II_1915023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (532kB) | Request a copy
BAB III_1915023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (445kB) | Request a copy
BAB IV_1915023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (653kB) | Request a copy
BAB V_1915023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu terindikasi peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Jika tidak segera ditindaklanjuti peserta didik akan terus mengalami tingkat belajar yang rendah jadi Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan implementasi layanan konseling individual kepada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri Toboali (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Toboali.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dilakukan dengan mewawancarai guru BK di SMP Negeri 2 Toboali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menelaah data, memilih data-data yang penting, mengelola data dan menyederhanakan data yang terkumpul, kemudian analisis data yang terkumpul, kemudian baru ditarik kesimpulan.
Layanan Konseling individual merupakan layanan konseling yang di selenggarakan oleh seorang konselor terhadap seseorang klien dalam rangka mengatasi masalah pribadi klien. Dalam suasana face to face dilaksanakan interaksi langsung antara klien dan konselor, membahas berbagai hal tentang masalah yang dihadapin klien. Faktor yang mempengaruhi belajar pada peserta didik ada dua yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. (1) Faktor internal yaitu Faktor fisik yang dialami peserta didik contoh seperti cidera tangan yang mengakibatkan kesulitan dalam belajar. (2) Faktor eksternal yaitu faktor dari lingkungan keluarga, karena adanya masalah dalam keluarga sehingga peserta didik mengalami kecemasan berlebih dan tidak bisa membedakan suasana di rumah dan di sekolah yang mengakibatkan peserta didik ini sulit untuk berkonsentrasi dan menjadi tidak efektif dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling individual; kesulitan dalam belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Evira Lavitasari |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 04:53 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 04:53 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1594 |