Yupika, Yupika (2023) Efektivitas layanan informasi untuk meningkatkan pemahaman eksplorasi karir peserta didik kelas XII IPS MAN 1 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_1915088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (928kB)
BAB I_1915088.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (119kB) | Request a copy
BAB II_1915088.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (130kB) | Request a copy
BAB III_1915088.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (510kB) | Request a copy
BAB IV_1915088.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB) | Request a copy
BAB V_1915088.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915088.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pemahaman eksplorasi karir penting ditanamkan pada siswa tingkat SMA agar mampu mengetahui dan memiliki kemampuan untuk menentukan studi lanjut dan pilihan karir melalui pemahaman eksplorasi karir sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimilikinya. Namun, faktanya masih terdapat siswa yang mengalami permasalahan eksplorasi karir. Berdasarkan data observasi yang dilakukan masih terdapat siswa kelas XII yang kebingungan memilih karir atau pekerjaan dan kebingungan memilih studi lanjut setelah lulus dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman eksplorasi karir melalui layanan informasi pada siswa kelas XII.
Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan design penelitian berupa Pre-Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS MAN 1 Bangka yang berjumlah 99 siswa, kemudian diambil 10 siswa yang menjadi sampel penelitian. Instrumen yang digunakan yaitu angket pemahaman eksplorasi karir dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu Uji Normalitas dan Uji Validitas.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa tingkat pemahaman eksplorasi karir siswa sebelum diberikan layanan informasi dapat dikategorikan rendah dengan total skor 71,1. Setelah diberikan layanan informasi terdapat peningkatan skor yaitu 121,1. Berdasarkan hasil menyatakan bahwa terdapat peningkatan pemahaman ekplorasi karir setelah diberikan layanan informasi. Maka dari itu layanan informasi dapat dinyatakan efektif untuk meningkat pemahaman eksplorasi karir siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | efektivitas; pre-experimental design; eksplorasi karir; layanan informasi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | yupika pika |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 06:12 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 09:15 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1584 |