Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Optimalisasi pengembangan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola kertas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Bougenville Desa Beruas

Berliani, Manisa Meta (2023) Optimalisasi pengembangan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola kertas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Bougenville Desa Beruas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1912033.pdf] Text
Halaman Awal_1912033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1912033.pdf] Text
BAB I_1912033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1912033.pdf] Text
BAB II_1912033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1912033.pdf] Text
BAB III_1912033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1912033.pdf] Text
BAB IV_1912033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1912033.pdf] Text
BAB V_1912033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (17kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1912033.pdf] Text
Daftar Pustaka_1912033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan penelitian ini dengan ingin mengetahui lebih dalam tentang proses yang dilakukan oleh guru mengenai optimalisai pengembangan motorik halus anak yang dilakukan dengan menggunakan kegiatan menggunting pola kertas pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Bougenville Desa Beruas, dalam hal tersebut anak mengalami kesulitan dalam menggerakkan jari jemari atau kesulitan dalam menggunting kertas dan juga kesulitan dalam memegang gunting dengan benar, ada anak-anak yang bosan dalam pembelajaran. Anak yang kesulitan dalam memegang gunting, seperti kesulitan memegang gunting dan kertas dengan benar, anak masih memerlukan bimbingan dari guru dalam menyelesaikan tugasnya.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif di PAUD Bougenville Desa Beruas. Objek penelitiannya yaitu optimalisasi pengembangan motorik halus melalui kegiatan menggunting pola kertas. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan 12 orang anak usia 4-5 tahun di PAUD Bougenville Desa Beruas. Sumber data yang diperoleh dari data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi pengembangan motorik halus anak melalui kegiatan menggunting pola kertas di PAUD Bougenville, sebelum memulai kegiatan guru menyusun (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) RPPH. Adapun cara mengoptimalisasi yaitu memberikan kebebasan anak dalam berekspresi, melakukan pengaturan waktu, tempat, dan media, memberikan bimbingan yang baik kepada anak, menumbuhkan keberanian pada anak, membimbing anak sesuai dengan taraf, menciptakan rasa gembira, melakukan pengawasan secara menyeluruh. Dan penilaian pencapaian anak yakni anak mampu dalam menggunting yang dimulai dari pangkal gunting yang terbuka, anak mampu menggunting pola kertas dengan satu tangan, Anak bisa menggunting pola kertas dengan posisi yang benar, dan anak bisa mandiri menggunting pola kertas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: optimalisasi pengembangan; motorik halus; kegiatan menggunting pola
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Manisa Berliani
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:37
Last Modified: 07 Dec 2023 09:10
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item
View Item