Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Penerapan metode cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 2 Toboali

Yulikha, Helvhira (2023) Penerapan metode cooperative learning tipe jigsaw untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911062.pdf] Text
Halaman Awal_1911062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911062.pdf] Text
BAB I_1911062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911062.pdf] Text
BAB II_1911062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911062.pdf] Text
BAB III_1911062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911062.pdf] Text
BAB IV_1911062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (78kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911062.pdf] Text
BAB V_1911062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (185kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911062.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911062.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya rasa kepercayaan diri siswa pada pembelajaran PAI. Di sekolah para pendidik masih menerapkan metode pembelajaran ekspositori (ceramah dan tanya jawab) mengakibatkan peserta didik merasa kurang aktif dan tidak percaya diri terhadap kemampuan mereka. Kondisi yang terjadi di sekolah tersebut harus diatasi secepatnya. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan pengaruh penerapan metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa pada pembelajaran PAI kelas XI SMA Negeri 2 Toboali.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment, penelitian yang dilakukan menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Toboali berjumlah 176 siswa. Sedangkan penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, berjumlah 70 siswa. Prosedur kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan memberikan pretest sebelum diberi perlakuan, kemudian memberikan perlakuan berupa metode pembelajaran tipe jigsaw pada kelas eksperimen dan metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, setelah itu diberikan posttest pada dua kelas.

Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran tipe jigsaw memberikan pengaruh yang lebih baik dalam proses pembelajaran PAI seperti, siswa lebih berani dan aktif dalam tanya jawab sehingga meningkatkan rasa percaya diri peserta didik. Didapatkan dari hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,002 < 0,05. Jadi secara hipotesis dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode cooperative learning tipe jigsaw; pendidikan agama Islam; kepercayaan diri.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Helvhira Yulikha
Date Deposited: 07 Dec 2023 06:52
Last Modified: 07 Dec 2023 06:52
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1573

Actions (login required)

View Item
View Item