Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Pangkalanbaru

Anjana, Anggi (2023) Pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal _1912004.pdf] Text
Halaman Awal _1912004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (959kB)
[thumbnail of BAB I_ 1912004.pdf] Text
BAB I_ 1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_ 1912004.pdf] Text
BAB II_ 1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1912004.pdf] Text
BAB III_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1912004.pdf] Text
BAB IV_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1912004.pdf] Text
BAB V_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1912004.pdf] Text
Daftar Pustaka_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :

Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang dapat mengembangkan rasa ingin tahu anak melalui metode eksplorasi alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak dan untuk mengetahui hasil kegiatan pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Pangkalanbaru.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan kepala sekolah, wali kelas, dan anak umur 5-6 tahun di kelas B2 sejumlah 20 anak yang meliputi 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Dan uji keabsahan data

Berdasarkan hasil analisa peneliti menunjukan bahwa hasil pengembangan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pembelajaran sains melalui media balon dapat berkembang sesuai harapan. Hal tersebut dilihat dari delapan indikator anak mampu mengenal benda-benda dalam pembelajaran sains terlihat 10 BSH dan 9 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu melakukan cara-cara pembelajaran sains melalui media balon terlihat 10 BSH dan 9 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu bertanya dan menjawab pertanyaan saat melakukan percobaan sains terlihat 6 BSH dan 13 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu memecahkan masalah dalam percobaan sains melalui media balon terlihat 9 BSH dan 10 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu menunjukkkan pembiasaan berpikir luwes terlihat 7 BSH dan 12 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu menyebutkan ukuran balon saat melakukan percobaan sains terlihat 1 BB dan 19 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu menyebutkan warna balon terlihat 1 BB dan 19 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu bekerjasama saat melakukan percobaan terlihat 6 BSH dan 13 BSB dalam perkembangan kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran sains; kognitif; hasil percobaan melalui media balon
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Anggi Anjana
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:58
Last Modified: 07 Dec 2023 03:58
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1568

Actions (login required)

View Item
View Item