Anjana, Anggi (2023) Pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Pangkalanbaru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _1912004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (959kB)
BAB I_ 1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB II_ 1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB III_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (304kB) | Request a copy
BAB IV_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912004.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (210kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pembelajaran sains merupakan pembelajaran yang dapat mengembangkan rasa ingin tahu anak melalui metode eksplorasi alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kegiatan pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak dan untuk mengetahui hasil kegiatan pembelajaran sains melalui media balon untuk mengembangkan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Negeri 1 Pembina Pangkalanbaru.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan kepala sekolah, wali kelas, dan anak umur 5-6 tahun di kelas B2 sejumlah 20 anak yang meliputi 9 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut selanjutnya peneliti analisis menggunakan reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Dan uji keabsahan data
Berdasarkan hasil analisa peneliti menunjukan bahwa hasil pengembangan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan pembelajaran sains melalui media balon dapat berkembang sesuai harapan. Hal tersebut dilihat dari delapan indikator anak mampu mengenal benda-benda dalam pembelajaran sains terlihat 10 BSH dan 9 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu melakukan cara-cara pembelajaran sains melalui media balon terlihat 10 BSH dan 9 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu bertanya dan menjawab pertanyaan saat melakukan percobaan sains terlihat 6 BSH dan 13 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu memecahkan masalah dalam percobaan sains melalui media balon terlihat 9 BSH dan 10 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu menunjukkkan pembiasaan berpikir luwes terlihat 7 BSH dan 12 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu menyebutkan ukuran balon saat melakukan percobaan sains terlihat 1 BB dan 19 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu menyebutkan warna balon terlihat 1 BB dan 19 BSB dalam perkembangan kognitif, anak mampu bekerjasama saat melakukan percobaan terlihat 6 BSH dan 13 BSB dalam perkembangan kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran sains; kognitif; hasil percobaan melalui media balon |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Anggi Anjana |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 03:58 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 03:58 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1568 |