Susanti, Nurmila (2023) Strategi pembelajaran problem based introduction (pbi) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk sikap percaya diri peserta didik Di SMP Negeri 2 Sungaiselan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (644kB)
BAB I_181148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB) | Request a copy
BAB II_181148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
BAB III_181148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB) | Request a copy
BAB IV_181148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (198kB) | Request a copy
BAB V_181148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (11kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_181148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (60kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Problem Based Introduction (PBI) adalah sebagai aktivitas pembelajaran yang menekankan kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Terdapat 3 ciri utama dari Problem Based Introduction (PBI). Pertama, Problem Based Introduction (PBI) merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran, artinya dalam implementasi Problem Based Introduction (PBI) ada sejumlah kegiatan yang harus dilakukan peserta didik. Kedua, aktivitas pembelajaran diarahkan untuk menyelesaikan masalah. Problem Based Introduction (PBI) menempatkan masalah sebagai kata kunci dari proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dikumpulkan dan dianalisis/dibenturkan dengan teori-teori yang relevan agar mendapatkan hasil yang komprehensif (lengkap) dan kondisi yang objektif (sebenarnya).
Hasil pelnellitian melngelnai bagaimana pelnelrapan stratelgi Problem Based Introduction (PBI) pada pelmbellajaran PAI di SMP Nelgelri 2 Sungaisellan. Pelnelrapan stratelgi pelmbellajaran Problem Based Introduction (PBI) di kellas yaitu delngan melnelrapkan meltodel tanya jawab antara pelselrta didik dan pelndidik. Pellaksanaan stratelgi Problem Based Introduction (PBI) yaitu ada beberapa langkah yang meliputi, orielntasi pelselrta didik pada masalah, melngorganisasi pelselrta didik, melmbimbing pelnyellidikan individu maupun kellompok, melngelmbangkan dan melnyajikan hasil karya, melnganalisis dan melngelvaluasi prosels pelmelcahan masalah. Saat prosels pelmbellajaran belrlangsung pelselrta didik melndelngarkan dan melncatat selrta belrtanya apa yang ditelrangkan olelh pelndidik. Pelndidik akan melnilai pelselrta didik apakah aktif atau tidak saat prosels pelmbellajaran belrlangsung delngan meltodel tanya jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran problem based introduction (pbi); sikap percaya diri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nurmila Susanti |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 04:57 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 04:57 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1567 |