Kasdianto, Kasdianto (2023) Pengaruh pembelajaran kontekstual : Contextual teaching and learning terhadap motivasi belajar peserta didik PAI di Kelas VIII SMP Negeri 1 Namang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (729kB)
BAB I_1911083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
BAB II_1911083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (273kB) | Request a copy
BAB III_1911083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (269kB) | Request a copy
BAB IV_1911083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
BAB V_1911083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (42kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (147kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan permasalahan di kelas VIII SMP Negeri 1 Namang, yaitu kurangnya motivasi peserta didik. Motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran merupakan faktor penting yang mendorong seseorang untuk belajar dan mencapai tujuan pembelajaran mereka. Jadi, dalam proses pembelajaran berlangsung, peserta didik memiliki semangat atau dorongan dalam dirinya untuk meningkatkan hasil pembelajaran, memberikan kepuasan pribadi, dan membantu pengembangan keterampilan serta pengetahuan. Oleh karena itu, pentingny untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam proses pembelajaran.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) terhadap motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Namang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis eksperimen. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Prosedur eksperimen dilakukan dengan memberikan pretest pada kedua kelas sebelum diberi perlakuan, kemudian memberikan perlakuan berupa model pembelajaran kontekstual pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol, setelah itu diberikan posttest pada kedua kelas.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa setelah diberi perlakuan berupa model pembelajaran kontekstual mengalami kenaikan motivasi belajar peserta didik. Pada hasil uji hipotesis menggunakan Independent Sample T Test menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,002 ˂ 0,05. Jadi secara hipotesis dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh implementasi model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran kontekstual; motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Kasdianto Kasdianto |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:22 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 04:22 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1564 |