Nurhaliza, Siti Rizki (2023) Pengaruh metode snowball throwing terhadap keaktifan peserta didik pada pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911183.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1911183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (551kB) | Request a copy
BAB II _1911183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (515kB) | Request a copy
BAB III _1911183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (658kB) | Request a copy
BAB IV _1911183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (766kB) | Request a copy
BAB V _1911183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911183.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merdeka dan kemerdekaan adalah membentuk karakter sekaligus meningkatkan keefektifan dan keaktifan secara akademis, intelektualitas dan moralitas. Snowball throwing merupakan metode pembelajaran yang pencapaiannya mampu melejitkan keaktifan peserta didik dalam konteks dimaksud. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh peningkatan keaktifan peserta didik dengan metode snowball throwing pada pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental (the nonequivalent pretest-posttest control group design). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Pangkalpinang. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 peserta didik kelas VIII E sebagai kelas kontrol dan 32 peserta didik kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang kemudian dilanjutkan uji hipotesis.
Dalam observasi yang telah dilakukan dapat dilihat dari indikator keaktifan peserta didik (kegiatan visual, berbicara, mendengar, menulis, mental, emosional) yang paling mempengaruhi dalam keaktifan peserta didik yaitu berbicara dan emosional. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas, dapat disimpulkan data berdistribusi normal dan kedua varians homogen, sedangkan dari uji hipotesis diperoleh nilai Sig 0,01 < 0,05 karena sig < α, maka didapatkan hasil H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga ditemukan bahwa ada pengaruh metode snowball throwing terhadap keaktifan peserta pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode snowball throwing; keaktifan |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | siti rizki nurhaliza |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 05:01 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 05:01 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1563 |