Sarmila, Bella (2023) Penerapan pembelajaran sains dalam kegiatan eksperimen di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (707kB)
BAB I_1912009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (175kB) | Request a copy
BAB II_1912009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (330kB) | Request a copy
BAB III_1912009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (105kB) | Request a copy
BAB IV_1912009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (685kB) | Request a copy
BAB V_1912009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (110kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (107kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Salah satu aspek yang harus distimulasi pada anak adalah pembelajaran sains. Mengenal sains pada anak usia dini sangat penting untuk memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada anak tentang alam dan segala isinya yang memberikan makna terhadap kehidupannya di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran sains dalam kegiatan eksperimen di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang, dan untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan pembelajaran sains dalam kegiatan eksperimen di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru TK Tamasha Valaq Pangkalpinang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan pengampilan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan pada pelaksanaan pembelajaran sains dalam kegiatan eksperimen dengan tahapan perencanaan, memahami program kegiatan yang dilakukan, guru menyusun satuan kegiatan mingguan dan harian, dan menetapkan alat penilaian. Ditahap pelaksanaan yaitu guru menyiapkan serta menata alat dan bahan main sesuai dengan rencanan yang telah disusun, guru memberi salam dan menanyakan kabar anak-anak, guru menjelaskan aturan main serta mempresentasikan cara menggunakan alat-alat main, guru berkeliling diantara anak-anak yang sedang bermain, guru memberikan contoh kepada anak yang belum bisa menggunakan alat main, dan ditahap penilaian guru memberikan penilaian atau evaluasi kepada ada setelah anak-anak selesai melakukan kegiatan eksperimen. Hasil peningkatan pembelajaran sains dalam kegiatan eksperimen di TK Tamasha Valaq Pangkalpinang bahwa dengan kegiatan eksperimen yang dimana eksperimennya ialah kegiatan mencampur warna anak mampu menyebutkan warna primer, anak mampu menyebutkan warna sekunder, anak mampu mengelompokkan warna primer, anak mampu mengelompokkan warna sekunder, dan anak mampu menceritakan hasil warna dari proses kegiatan mencampur warna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran sains; kegiatan eksperimen |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Bella Sarmila |
Date Deposited: | 05 Dec 2023 05:04 |
Last Modified: | 05 Dec 2023 05:04 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1555 |