Veniarti, Sindy (2023) Pengaruh penerapan blended learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Angkatan 2021. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911179.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (812kB)
BAB I_1911179.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB) | Request a copy
BAB II_1911179.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (214kB) | Request a copy
Bab III-1911179.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB) | Request a copy
Bab IV_1911179.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (272kB) | Request a copy
Bab V_1911179.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (69kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911179.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Prodi PAI IAIN SAS BABEL Angkatan 2021 ketika diterapkan model pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Blended Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Prodi PAI IAIN SAS BABEL Angkatan 2021 dan untuk mengukur seberapa besar pengaruh penerapan Blended Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah Prodi PAI IAIN SAS BABEL Angkatan 2021.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis deskriptif kuantitatif, waktu pelaksanaan 6 Maret 2023 sampai dengan 8 September 2023. Populasi dalam penelitian ini, berjumlah 277 dengan penarikan sampel Simple Random Sampling sebanyak 72 orang. Sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS 26.0.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa adanya pengaruh pada penerapan Blended Learning terhadap motivasi belajar mahasiswa fakultas tarbiyah Prodi PAI IAIN SAS BABEL Angkatan 2021, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t_hitung > t_tabel (9,197 > 1,666) dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan hasil diatas maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan besar pengaruh antar variabel X terhadap variabel Y sebesar 54,7%. Sisanya 45,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | blended learning, motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sindy Veniarti |
Date Deposited: | 30 Nov 2023 03:16 |
Last Modified: | 30 Nov 2023 03:16 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1540 |