Malinda, Selli (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap self regulated learning peserta didik di SMA N 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915069.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (705kB)
BAB I_1915069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (373kB) | Request a copy
BAB II_1915069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (384kB) | Request a copy
BAB III_1915069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (427kB) | Request a copy
BAB IV_1915069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB) | Request a copy
BAB V_1915069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Peserta didik SMA N I Kelapa masih ada yang mempunyai permasalahan dalam kemandirian belajar. Terutama dalam kegiatan belajar di sekolah, seperti mengerjakan tugas atau PR dengan mencontek, bising didalam kelas ketika guru sedang menjelaskan didepan kelas, tidak mengerjakan dan mengumpulkan tugas, mengerjakan PR di sekolah, tidak mengikuti pelajaran selama pelajaran berlangsung, masuk terlambat dan ada yang suka tidur didalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat self regulated learning peserta didik di SMA N I Kelapa serta pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap self regulated learning peserta didik di SMA N I Kelapa.
Peneliti disini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan jenis pre-eksperimental design dengan bentuk one group pre-test–post-test design. Sampel menggunakan nonprobability sampling, dengan teknik sampling purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket skala likert self regulated learning, dan observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji persyarat analisis menggunakan uji normalitas, dengan pengujian hipotesis uji t paired simple t-test. Menghitung hasil data menggunakan program SPSS for windows version 26 untuk pengambilan data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat self regulated learning peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management dengan nilai rata-rata 86,50 yang dikategorikan sedang, dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management memiliki peningkatan dengan nilai rata-rata 126,20 yang dikategorikan tinggi. Berdasarkan uji t paired simple T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05, maka Ha diterima Ho ditolak dan nilai t sebesar 24, 937 > t-tabel 0,279, maka Ha diterima dan Ho ditolak, jadi artinya terdapat pengaruh antara layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap self regulated learning peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | self regulated learning; self management; layanan bimbingan kelompok; peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selli Malinda |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 06:55 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 06:55 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1537 |