Bela, Sinta (2023) Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (334kB) | Request a copy
BAB II_1915072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (435kB) | Request a copy
BAB III_1915072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (787kB) | Request a copy
BAB IV_1915072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (545kB) | Request a copy
BAB V_1915072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Negeri 2 Toboali yang menunjukkan terdapat peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah. Dimana, hal ini terlihat kurang kondusifnya proses pembelajaran, ketika diberikan tugas masih ada peserta didik kebingungan dan akhirnya mencontek, peserta didik tidak mengerjakan tugas, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), serta malas masuk ke sekolah, ini bisa dilihat dari daftar hadir peserta didik.
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar peserta didik sebelum dan setelah pemberian layanan bimbingan kelompok dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest dan Posttest. Sampel berjumlah 13 peserta didik yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan mengkategorikan peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah.
Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan skala likert, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji hipotesis dengan uji T yaitu Paired Sample T-test dan N-gain Score dengan bantuan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari penelitian diperoleh hasil uji paired sample t-test diperoleh data sig (2-tailed) 0,00<0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan bimbingan kelompok; motivasi belajar; peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sinta Bela |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 04:13 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 04:13 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1505 |