Lestari, Lestari (2023) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas tinggi di Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang. Masters thesis, IAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG.
HALAMAN AWAL_218101021_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_218101021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (158kB) | Request a copy
BAB II_218101021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (268kB) | Request a copy
BAB III_218101021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (130kB) | Request a copy
BAB IV_218101021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (363kB) | Request a copy
BAB V_218101021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_218101021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (153kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang sistematis, otentik dan akurat tentang fakta-fakta terkait penerapan pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan aktivitas siswa Sekolah Dasar Negeri 10 Pangkalpinang dan upaya mengatasi hambatan pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, petugas perpustakaan, dan siswa di SDN 10 Pangkalpinang. Data primer dan sekunder digunakan oleh peneliti. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan prosedur analisis data model Miles dan Huberman. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (a) Siswa lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, yang tercermin dalam partisipasi mereka dalam diskusi, pertanyaan, dan pekerjaan kelompok. (b) Metode pengajaran yang berbeda dalam pembelajaran berdiferensiasi, seperti penyajian konten dengan video, proyek, atau penugasan kreatif, dapat mempengaruhi aktivitas belajar siswa secara positif. (c) Usaha untuk mengatasi hambatan adalah melibatkan paguyuban kelas, alumni, dan perusahaan untuk membantu terlaksananya suatu kegiatan, memberikan pelatihan kepada guru agar lebih memahami tentang strategi pengajaran berdiferensiasi, serta memberikan waktu tambahan kepada siswa yang memerlukan bantuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi; aktivitas belajar; siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 05:01 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 05:01 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1387 |