Nopriansyah, Nopriansyah (2023) Implementasi program Character Building, Entrepreneurship, Responsif, Excellent Of Competency Dan Nature (CEREN) di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Tempilang. Masters thesis, IAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG.
Halaman Awal_218101022_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_218101022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (312kB) | Request a copy
BAB II_218101022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (975kB) | Request a copy
BAB III_218101022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (458kB) | Request a copy
BAB IV_218101022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (958kB) | Request a copy
BAB V_218101022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_218101022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi program CEREN di SMK Negeri 1 Tempilang yang bertujuan untuk (1) Mendapatkan gambaran implementasi program CEREN di SMK Negeri 1 Tempilang, (2) Mengetahui efektifitas dan efisiensi program CEREN di SMK Negeri 1 Tempilang.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui tahapan reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu reliabilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini terdapat dua temuan, yaitu : (1) Implementasi program CEREN di SMK Negeri 1 Tempilang telah dilakukan melalui berbagai tahapan, seperti perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pelaporan, dan evaluasi. Selain itu, program ini mencakup pengembangan diri dari pengetahuan, tindakan, hingga pembiasaan dalam kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan kokurikuler. Manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah menciptakan kolaborasi, interaksi, dan komunikasi yang memungkinkan partisipasi aktif dari warga sekolah. Hal ini mencakup perencanaan anggaran, peraturan kebijakan, pembagian tugas PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan), pengembangan kompetensi guru dan siswa, serta penggunaan reward dan punishment yang bersifat mendidik. (2) Program CEREN telah berjalan dengan baik. Kurikulum, proses, sumber daya manusia, kompetensi lulusan, sarana dan prasarana, pengelolaan KBM, pembiayaan, dan penilaian adalah beberapa faktor yang mendukung dan menghambat aktivitas manajemen pendidikan dalam pengelolaan program. Meskipun terdapat hambatan seperti keterbatasan sumber daya pendidik dan tenaga kependidikan maupun sarana dan prasarana. Sekolah telah berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan dan pengelolaan sumber daya pendidikan secara mandiri serta meningkatkan partisipasi warga sekolah melalui regulasi yang jelas, komunikasi yang baik, pembagian tugas dan tanggung jawab, pengambilan keputusan bersama, dan transparansi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | character building, entrepreneurship, responsive, excellent of competency, nature. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 04:51 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 04:51 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1385 |