Kusumardi, Adi (2023) Studi manajemen pembelajaran berdiferensiasi pendidikan agama Islam kurikulum merdeka pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Bakam. Masters thesis, IAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG.
Halaman Awal_1218101014(1)_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (694kB)
BAB I_1218101014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB) | Request a copy
BAB II_1218101014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (483kB) | Request a copy
BAB III_1218101014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
BAB IV_1218101014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (931kB) | Request a copy
BAB V_1218101014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (54kB) | Request a copy
DaftarPustaka_1218101014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini didasarkan pada kegagalan dan ketidaktahuan dalam mengelola pembelajaran baik bagi guru, siswa dan proses pembelajaran. Pembelajaran dengan metode konvensional (teacher center) tanpa membedakan karakteristik siswa yang beragam menghasilkan pembelajaran yang monoton dan cenderung lebih pasif. Oleh karena itu, pembelajaran agama, akhlak belum menunjukkan hasil yang sesuai dengan tujuan pendidikan dan penerapan pembelajaran PAI dalam kehidupan sehari-hari kurang optimal. Hal ini menyebabkan degradasi moral yang kompleks pada siswa baik sebagai pelaku maupun korban. Penulisan tesis ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen PB dan Implementasinya pada pelajaran PAI di SMKN 1 Bakam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan pola reduksi data, penyajian data dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan purposive sampling dilanjutkan dengan pengujian validitas data berupa triangulasi. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMK pusat keunggulan sebagai pilot project.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: Manajemen PB dalam mendukung pembelajaran PAI di SMKN 1 Bakam yaitu; perencanaan, organizing, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi. Manajemen implementasi PB dilaksanakan dengan Langkah: 1) Penyusunan KOSP (visi, misi dan tujuan); 2) Menyusun administrasi pembelajaran (minggu efektif, prota, proses) dan perangkat pembelajaran (CP,TP,ATP dan modul ajar); 3) Melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi: Pra-aktivitas (asesmen diagnostik); kegiatan diferensiasi konten (materi, minat dan gaya belajar); kegiatan diferensiasi proses (penggunaan metode, model dan media); kegiatan diferensiasi produk; 4) Melaksanakan pengawasan pembelajaran; 5) Melaksanakan penilaian formatif dan sumatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | manajemen pembelajaran; berdiferensiasi; PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 20 Oct 2023 07:48 |
Last Modified: | 20 Oct 2023 07:48 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1382 |