Sindi, Sindi (2023) Pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada masa covid-19 dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Simpang Rimba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1611161.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1611161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB II_1611161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB III_1611161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (703kB) | Request a copy
BAB IV_1611161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (726kB) | Request a copy
BAB V_1611161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1611161.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Dunia pendidikan pada saat ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. letak perbedaannya terlihat pada saat dunia digemparkan dengan penyebaran covid-19 yang tak terduga sebelumnya. dalam situasi ini, sekolah menerapkan kebijakan pemerintah yaitu melakukan sistem pembelajaran secara daring. banyak peserta didik yang mengatakan sangat rumit, sebab mereka harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang baru mereka temui. segala hal harus dilakukan secara daring baik itu untuk mendapatkan penjelasan materi dari guru mereka, serta tugas-tugas yang diberikan guru. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada masa covid-19 dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Simpang Rimba.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dalam bentuk analisis deskriptif. pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket skala likert dan dokumentasi, sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 26 dengan menggunakan rumus persamaan regresi linier sederhana. setelah dilakukan penelitia didapatkan kesimpulan, bahwa rata-rata hasil skor angket pada variabel pembelajaran daring sebesar 142,1 dan angka tersebut masuk dalam kategori sedang. sedangkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai t hitung > t tabel yakni 3,295 > 1, 661 dan nilai signifikansinya yakni 0,001 <0,05. lalu besaran pengaruh dari pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik di SMP N 2 Simpang Rimba sebesar 10,7%. maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak Ha diterima. artinya terdapat pengaruh yang sangat signifikan dari penerapan pembelajaran daring terhadap hasil belajar peserta didik pada masa covid-19 dalam mata pelajaran agama Islam di SMP N 2 Simpang Rimba.
kata-kata kunci : Pembelajaran daring, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | teori belajar dan pembelajaran:pedoman metodelogi penelitian: penelitian tindakan kelas; uji hipotesis statistik; pembelajaran daring ditengah wabah covid-19; metode penelitian kuantitatif; teori dan aplikasi pendidikan yayasan kita menulis; pembelajaran berharga dari sebuah pandemi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sindi Sindi |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 01:49 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 01:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1353 |