Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengembangan kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan agama Islam : Studi kasus SD Muhammadiyah Kota Pangkalpinang

Jailani, Jaya (2023) Pengembangan kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan agama Islam : Studi kasus SD Muhammadiyah Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2081162.pdf] Text
Halaman Awal_2081162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2081162.pdf] Text
BAB I_2081162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2081162.pdf] Text
BAB II_2081162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2081162.pdf] Text
BAB III_2081162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2081162.pdf] Text
BAB IV_2081162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2081162.pdf] Text
BAB V_2081162.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_208116.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_208116.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Pendidikan merupakan upaya yang disadari dan direncanakan untuk menciptakan lingkungan belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan peserta didik secara proaktif mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Kurikulum berfungsi mengoptimalkan perkembangan peserta didik. Terdapat tiga peran utama yang dimainkan oleh kurikulum, yaitu peran yang bersifat konservatif, peran yang bersifat kritis atau evaluatif, serta peran yang bersifat kreatif. Pengembangan kurikulum 2013 pada pendidikan agama islam dihubungkan dengan nilai-nilai Islam pada pelaksanaan pendidikan di SD Muhamadiyah kota Pangkalpinang. Model penelitian menggunakan metode kualitatif yang digunakan untuk mendapatkan pemahaman mengenai fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan. Subjek penelitian yang diteliti adalah terkait gambaran perilaku, tindakan, persepsi, motivasi, dan dengan menggunakan deskripsi dalam bentuk susunan kata, bahasa, atau tulisan yang menggunakan dua sumber data utama, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. proses analisis data dalam penelitian ini melibatkan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasilnya kondisi siswa yang semangat dalam mengikuti pelajaran meningkat, perlengkapan dan fasilitas kelas pendukung membantu para siswa belajar lebih baik, pola pembelajaran menjadi teratur, siswa menambah pengetahuan di luar jam pembelajaran dengan mengikuti berbagai macam kegiatan seperti ekstrakulikuler, les mandiri yang dilakukan di luar sekolah seperti bimbel, hingga kegiatan yang menunjang karakter keIslaman seperti tahfidz qur’an, yang membuat siswa menjadi disiplin. Pemahaman guru PAI terhadap kurikulum 2013 sudah sangat baik. Pengembangan kurikulum 2013 dalam pembelajaran pendidikan agama islam memiliki peranan penting dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Faktor yang memengaruhi pengembangan kurikulum 2013 dalam pembelajaran PAI di SD Muhammadiyah kota Pangkalpinang yaitu lingkungan, sistem sekolah dan kebijakan pemerintah pusat. Dampaknya, siswa mampu mengimplementasikan setiap materi pembelajaran dari guru PAI ke dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumahnya.

ENGLISH
Education is consious and planned effort to create a learning environment
and learning process that allows students to proactively develop their abilities. The
curriculum functions to optimize the development of learners. There are three main
roles played by the curriculum, namely a conservative role, and a creative role. The
development of the 2013 curriculum in Islamic Religious Education is linked to
Islamic values in the implementation of education at Muhammadiyah Elementary
School in Pangkalpinang City. The research model uses qualitative methods used
to gain an understanding of the phenomena that occur in the world of education.
The research subject studied were related to the description of behavior, actions,
perceptions, motivation, and by using descriptions in the form of words, languge,
or writing using two main data sources, namely Primary Data Sources and
Scondary Data Sources. The data analysis process in this study involves three steps,
namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The result is
the condition of students whose enthusiasm in attending lesson increses, supporting
classrome equipment

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: kurikulum 2013; pendidikan agama islam; pendidikan nilai islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selpi Egitya
Date Deposited: 17 Oct 2023 02:27
Last Modified: 17 Oct 2023 02:27
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1330

Actions (login required)

View Item
View Item