Sundari, Juli (2023) Pengaruh Media Mistery BAG terhadap konsentrasi belajar anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1712015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1712015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (508kB) | Request a copy
BABA II_1712015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
BAB III_1712015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (457kB) | Request a copy
BAB IV_1712015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (848kB) | Request a copy
BAB V_1712015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (237kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1712015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (946kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Masa anak usia dini dikenal dengan masa golden age. Hal ini dikarenakan pada masa ini perkembangan dan pertumbuhan anak menjadi pusat perhatian sehingga diperlukannya stimulasi untuk merangsang perkembangan anak agar berkembang secara optimal. Pertumbuhan dan perkembangan anak bisa dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan kegiatan bermain, sebab dunia anak adalah dunia bermain. Salah satu pengenalan media kepada anak melalui kegiatan bermain yaitu Mistery Bag. Dengan adanya penerapan media Mistery Bag tersebut diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari media Mistery Bag terhadap Konsentrasi Belajar di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode lembar observasi dengan menggunakan skala likert dan dokumentasi, sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan SPSS versi 26 dengan menggunakan rumus Independent Sample T-Test.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 50,73 dengan kategori sedang meningkat pada saat post-test menjadi 65,24 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 44,34 dengan kategori sedang mengalami sedikit peningkatan saat post-test menjadi 53,11 namun tetap pada kategori sedang. Sedangkan hasil dari uji Independen Sampel T-Test dimana menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dimana 0.000 < 0.05 dengan taraf kesalahan 5%, berarti Ha diterima dan Ho ditolak Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari adanya penerapan Media Mistery Bag terhadap Konsentrasi Belajar Anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | mistery bag; konsentrasi belajar |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | juli sundari |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 08:20 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 08:20 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1328 |