Lestari, Dwi Puji (2023) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan motivasi Pendidikan Agama Islam siswa kelas V di SDIT Unggulan Al-Qudwah Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1611075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1611075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB) | Request a copy
BAB II_1611075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (735kB) | Request a copy
BAB III_1611075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (383kB) | Request a copy
BAB IV_1611075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB) | Request a copy
BAB V_1611075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _1611075.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (0B) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar agama Islam kelas V di SDIT Unggulan Al-Qudwah Pangkalpinang.
Adapun metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar, penelitian ini didasarkan pada data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui buku-buku yang berkaitan dengan penelitian.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Implementasi model jigsaw dengan cara: a) Kelompok dibuat 1-5 anggota, b) tiap orang diberi materi yang berbeda, c) tiap orang diberi bagian tugas, d) anggota asal bertemu kelompok ahli untuk berdiskusi, e) kelompok ahli kembali ke kelompok asal f)kelompok asal mempresentasikan hasil diskusi, g) evaluasi, h)penutup. 2) Faktor penghambat yaitu waktu yang diperlukan cukup banyak untuk mengatur peserta didik. 3) Faktor pendukung siswa memiliki semangat dan antusias yang tinggi. Siswa merasa senang saat pelajaran berlangsung.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran tipe jigsaw berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Adapun terdapat faktor penghambat dari metode ini dapat diatasi dengan baik dan juga motivasi siswa dalam belajar semakin meningkat menjadi lebih semangat dan antusias.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran jigsaw; motivasi belajar; pendidikan agama islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dwi Puji Lestari |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 05:55 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 05:55 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1326 |