Feranata, Eri (2023) Implementasi metode pembiasaan Shalat Dhuha dalam meningkatkan kecerdasan Spritual di PAUD IT Cahaya Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal 1612045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (737kB)
BAB 1 1612045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB)
BAB II 1612045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (277kB)
BAB III 1612045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (104kB)
BAB IV 1612045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (268kB)
BAB V 1612045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB)
Daftar Pustaka 1612045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
Abstract
Penelitian ini fokus pada implementasi metode pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual. Kegiatan metode pembiasan ibadah shalat dhuha anak di sekolah sangat menarik bagi anak apabila anak terbiasa ikut aktif didalamnya. Karena anak bersama teman-temannya, anak merasa gembira. Artinya, pembiasaan pendidikan ibadah pada anak sangat penting dilakukan guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak. Seperti melaksanakan ibadah shalat dhuha guru menerapkan metode pembiasaan, karena dengan metode pembiasaan tersebut anak-anak akan terbiasa dengan melakukan sebuah pelajaran seperti melaksanakan shalat dhuha.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah pertama, penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan implementasi metode pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di PAUD IT Cahaya Toboali. Kedua, penelitian ini untuk melihat hasil dari implementasi metode pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spiritual di PAUD IT Cahaya Toboali.. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembiasaan shalat dhuha dalam meningkatkan kecerdasan spritual pada tahap ini, shalat dhuha sangat memengaruhi kecerdasan spiritual karena dengan membiaskaan seorang anak agar melaksanakan shalat dhuha, terlebih dilakukan secara rutin itu penting. Karena dengan kebiasaan ini akan membangun karakter yang melekat dalam diri anak, dengan cara menanamkan nilai-nilai positif mulai dari masa dini hingga dewasa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode pembiasaan ;shalat dhuha dan kecerdasan spiritual |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Eri Feranata |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 08:58 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 08:58 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1313 |