Suryana, Suryana (2023) Meningkatkan keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun melalui permainan Bilun di PAUD KB Harapan Bangsa Desa Labuh Air Pandan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman.
Halaman Awal_1712059_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _1712059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
BAB ll _1712059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (649kB)
BAB III_1712059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (428kB)
BAB IV_1712059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (631kB)
BAB V_1712059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (187kB)
Daftar Pustaka_1712059.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (411kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pentingnya meningkatkan
keterampilan sosial anak usia 4-5 tahun melalui permainan tradisional bilun, ini disebabkan oleh dengan cara melalui sebuah pemainan anak lebih mudah untuk bersosialisasi terhadap teman-temanya. Pengalaman bermain yang menyenangkan dapat membantu anak–anak berkembang secara optimal. Oleh karena itu, keterampilan sosial anak sangatlah berguna bagi anak di kemudian hari. Salah satu sekolah yang telah menerapkan cara meningkatkan keterampilan sosial melalui permainan tradisional bilun adalah PAUD KB Harapan Bangsa Desa Labuh Air Pandan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelituan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakn observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru. Tekink analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan pada tahap perencanaan, guru menyiapkan alat untuk kegiatan permainan, guru merancang langkah-langkah kegiatan permainan, dan kemudian guru merancang penilaian terhadap peserta didik. Tahap pelaksanaan yaitu guru menggunakan alat seperti lem hitam untuk membuat persegi membentuk kotak yang dibagi menjadi 4 bagian untuk bermain permainan bilun, kemudian guru melakukan pembagian kelompok bermain, setelah itu para peserta didik melakukan hompimpa agar terbagi menjadi 2 kelompok yaitu penjaga dan penyerang, guru juga ikut bermain dengan anak, kemudian hasil Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Tradisional Bilun Di Paud KB Harpan Bangsa Desa Labuh Air Pandan dikategorikan berkembang sesuai harapan dapat dilihat hampir seluruh peserta didik sudah bisa mengikuti kegiatan permainan bilun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | keterampilan sosial; permainan bilun |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 300 Ilmu sosial 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Suryana Suryana |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 02:17 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 02:19 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1312 |