Irawanto, Feri (2023) Kontribusi layanan bimbingan klasikal terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas x di SMA Negeri 1 Jebus Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1815022(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1815022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (473kB) | Request a copy
BAB II_1815022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (351kB) | Request a copy
BAB III_1815022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (403kB) | Request a copy
BAB IV_1815022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (495kB) | Request a copy
BAB V_1815022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1815022.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (365kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan layanan konseling dalam mengatasi kesulitan penyesuaian diri pada peserta didik terkhusus pada layanan bimbingan klasikal dalam mengatasi kesulitan dalam penyesuaian diri. Penelitian ini dilakukan atas hasil kajian dan pengamatan dari proses pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berkerjasama dengan kepala sekolah, guru BK dan peneliti sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tentang layanan bimbingan klasikal ,kendala, dan solusi dalam menghadapi penyesuaian diri peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Jebus Bangka Barat.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menjelaskan secara rinci bagaimana dalam mengatasi kesulitan dalam penyesuaian diri peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Jebus Bangka Barat. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang dilakukan dengan cara menelaah semua data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari pemberian layanan bimbingan klasikal terhadap penyesuaian diri peserta didik, terlihat bahwa mereka mulai melakukan perubahan dalam penyesuaian diri yang mana mulai antusias dan bersemangat saat melaksanakan kegiatan. Hal tersebut terjadi karena adanya layanan bimbingan klasikal yang diberikan oleh guru BK terhadap peserta didik. Sehingga mereka lebih terbuka dan berani mengemukakan pendapatnya, lebih percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan bimbingan klasikal ; penyesuain diri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Feri Irawanto |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 01:24 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 01:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1297 |