Guntara, Aswin (2023) Pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi thaharah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Desa Air Mesu. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1611140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1611140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (445kB) | Request a copy
BAB II_1611140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (685kB) | Request a copy
BAB III_1611140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (591kB) | Request a copy
BAB IV_1611140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (687kB) | Request a copy
BAB V_1611140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (110kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1611140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (127kB) | Request a copy
Abstract
Pada penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil prasurvey melalui observasi dan wawancara bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran fiqih menggunakan metode ceramah, sedangkan dari hasil tes langsung pada materi wudhu dan tayamum ditemukan bahwa masih terdapat peserta didik yang memperoleh nilai kurang. Dari permasalahan yang akan diteliti tersebut maka rumusan masalahnya adalah bagaimana pengaruh dari penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi thaharah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Air Mesu.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Expreiment) yang dianalisis dengan metode kuantitatif. Data pada penelitian ini bersumber dari data primer yang diperoleh dari peserta didik kelas VII dengan sampel sebanyak 72 orang. Sedangkan data sekunder diperoleh melalui data dokumen, buku-buku, dan referensi yang ada relevansinya dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi dan dokumentasi. Kemudian dalam menganalisa data digunakan rumus t-test dengan bantuan program SPSS versi 25.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi thaharah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru Tahun Pelajaran 2021/ 2022, sedangkan hipotesis yang diajukan dalam hal ini adalah “Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi thaharah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisa data hasil penelitian melalui uji t-test melalui program SPSS.25, diperoleh hasil bahwa tingkat signifkansi yang dihasilkan adalah 0,000 < 0,05, hal ini menunjukan bahwa hipotesis yang penulis ajukan yaitu Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi thaharah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah Air Mesu Kecamatan Pangkalan Baru Tahun Pelajaran 2021/ 2022 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode demonstrasi; hasil belajar fiqih |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Aswin Guntara |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 06:20 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 06:20 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1296 |