Lisna Dewi, Dona (2020) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap kecerdasan emosional siswa di Ma An-Annajah Payabenua. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
10. bab I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB)
11. bab ii.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (462kB)
12. Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (826kB)
13. bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (901kB)
14. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kecerdasan emosional siswa di MA An-Najah Payabenua. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kecerdasan emosional siswa di MA An-Najah Payabenua. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa MA An-Najah Payabenua, Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data menggunakan skala kecerdasan emosional siswa dan skala pembelajaran Akidah Akhlak. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier yang dibantu menggunakan program SPSS versi 22,0, teknik tersebut digunakan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh dari pembelajaran Akidah Akhlak terhadap kecerdasan Emosional siswa MA An-Najah Payabenua. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran Akidah Akhlak terhadap Kecerdasan Emosional. Ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 12,258 dan ttabel sebesar 1,997 maka t hitung < t tabel yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Kemudian nilai konstanta yang diperoleh 13,638 dan nilai koefisien regresi X sebesar 1,997 persamaan regresinya dapat ditulis: Y= 13,638 + 1,997X. Dapat diterjemahkan konstanta sebesar 13,638 yang mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel partisipasi adalah sebesar 13,638. koefisien regresi X sebesar 1,997 menyatakan bahwa setiap penambahan 1% nilai pembelajaran akidah akhlak, maka nilai kecerdasan emosional sebesar 1,997. Koefisien regresi tersebut bernilai positif. Sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah positif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembelajaran akidah akhlak; kecerdasan emosional; siswa ma |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 03:27 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 03:27 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1269 |