Anitasari, Anitasari (2023) Implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Melati Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (970kB)
BAB I_1812006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (516kB) | Request a copy
BAB II_1812006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (716kB) | Request a copy
BAB III_1812006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (422kB) | Request a copy
BAB IV_1812006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (749kB) | Request a copy
BAB V_1812006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini memfokuskan pada implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Melati Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa yang dimana ada yang masih belum bisa berbicara dengan lancar ketika bercerita. Pada saat anak-anak diminta oleh guru untuk bercerita yang ditunjukan oleh guru secara bersama-sama hampir semua anak dapat bercerita dan berbicara dengan lancar. Tetapi, saat satu persatu diminta untuk bercerita didepan kelas ternyata masih banyak anak yang masih bingung dalam bercerita dan berbicara.
Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (fled research) sedangkan metode penelitiannya adalah deskriftif kualitatif dengan subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 6 anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa langkah-langkah implementasi metode bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di PAUD Melati Desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa terdiri dari beberapa tahap yaitu: a. Tahap perencanaan, yang terdiri dari memahami program PAUD, menyusun satuan kegiatan mingguan, RPPM dan menyusun kegiatan harian RPPH. b.Tahap pelaksanaan, yang terdiri dari guru menentukan tema, guru menyiapkan media, buku cerita bergambar, guru mengatur posisi duduk, mengajarkan bercerita sesuai gambar, membagikan buku cerita bergambar, memberikan kegiatan pada anak. c. Tahap evaluasi yang terdiri dari skala pencapaian perkembangan, catatan anekdot, hasil karya. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu a) Anak mampu menjawab pertanyaan yang lebih komplek dari guru tentang isi cerita; b) Anak mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama; c) Anak memiliki lebih kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain; d) Anak dapat melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah di perdengarkan atau di ceritakan; dan e) Anak mampu menujukan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; metode bercerita; kemampuan berbicara |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Anitasari Anitasari |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 01:11 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 01:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1259 |