Ipana, Widia Dwi (2023) Pemanfaatan Loose Parts dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati Desa Pangek. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (989kB)
BAB I_1912067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (401kB)
BAB II_ 1912067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (523kB)
BAB III_ 1912067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (278kB)
BAB IV_ 1912067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V_1912067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
Daftar Pustaka_1912067.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (158kB)
Abstract
INDONESIA:
Kreativitas merupakan hal yang penting dalam kehidupan khususnya pada anak usia dini karena dapat membuat manusia lebih produktif. Pengembangan kreativitas melalui media Loose Parts, media ini sangat tepat untuk menarik perhatian anak agar mereka selalu ingin berkreativitas dengan baik dan benar. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Loose Parts dalam mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di PAUD Mutiara Hati Desa Pangek.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu memberikan laporah hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data data yang diperoleh mengenai pemanfaatan media loose parts dalam mengembangkan kreativitas anak. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu melakukan reduksi data atau memilih data yang di anggap penting dan membuang data yang tidak dibutuhkan, kemudian menyajikan data yang sudah dipilih sehingga dapat di tarik kesimpulanya.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemanfaatan loose parts dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi atau penilaian. Adapun hasil peningkatan kreativitas anak yaitu, anak mampu membuat karya sesuai kemampuanya, sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | loose parts; mengembangkan kreativitas anak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | WIDIA DWI IPANA |
Date Deposited: | 16 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 06:10 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1256 |