Erlangga, Winda (2023) Pengaruh bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing terhadap kepercayaan diri peserta didik Kelas VII SMP Negeri 3 Airgegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1915084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (621kB) | Request a copy
BAB II_1915084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (476kB) | Request a copy
BAB III_1915084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (678kB) | Request a copy
BAB IV_1915084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (943kB) | Request a copy
BAB V_1915084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915084.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (314kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa saat ini
dibutuhkan alternatif-alternatif dalam meningkatkan kepercayaan diri. Melalui
bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing diharapkan dapat
meningkatkan kepercayaan diri. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1)
Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan
layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing di SMP Negeri 3
Airgegas. (2) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok menggunakan
teknik role playing terhadap kepercayaan diri peserta didik kelas VII SMP Negeri
3 Airgegas.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian terdiri
dari 12 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
angket/kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, uji parsial (uji T) dan uji N-Gain score.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara bimbingan kelompok teknik role playing dengan kepercayaan diri peserta didik di SMP Negeri 3 Airgegas. Pada hasil nilai Fhitung sebesar 14,95 dan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai Ftabel yang didapat yaitu sebesar 2,17. Maka dapat disimpulkan bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 14,95 > 2,17 ,dengan hasil tersebut diatas maka Ha diterima dan otomatis Ho ditolak Artinya terdapat pengaruh antara bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing terhadap kepercayaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan kelompok; teknik role playing; kepercayaan diri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Winda Erlangga |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 01:38 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 01:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1219 |