Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh bimbingan klasikal melalui teknik reinforcement untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik di kelas viiia MTs Negeri 1 Pangkalpinang

Fajrianti, Nurul (2023) Pengaruh bimbingan klasikal melalui teknik reinforcement untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik di kelas viiia MTs Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1915053.pdf] Text
Halaman Awal_1915053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1915053..pdf] Text
BAB I_1915053..pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1915053.pdf] Text
BAB II_1915053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (347kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1915053.pdf] Text
BAB III_1915053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1915053.pdf] Text
BAB IV_1915053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1915053.pdf] Text
BAB V_1915053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1915053.pdf] Text
Daftar Pustaka_1915053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu banyaknya peserta didik yang menganggap menunda tugas adalah hal yang biasa, apabila hal ini terus menerus dibiarkan maka akan mempengaruhi kinerja peserta didik yang kemungkinan besar dalam mengerjakan tugasnya kurang teliti dan berdampak pada nilai yang akan diperoleh. Salah satu faktor peserta didik menunda mengerjakan tugasnya ialah kurangnya pemahaman peserta didik mengenai mata pelajaran yang dijelaskan oleh guru akibatnya peserta didik mengerjakan tugas di akhir tenggat waktu yang telah ditentukan. Dalam dunia pendidikan nilai salah satu hal yang penting yang harus diraih oleh peserta didik minimal mencapai nilai KKM.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di kelas VIII A yang terdapat 31 peserta didik terdiri dari 15 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan angket prokrastinasi akademik dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan klasikal melalui teknik reinforcement dengan mereduksi prokrastinasi akademik peserta didik. Dari hasil uji t yang menyatakan bahwa dilihat nilai thitung sebesar 4,218 dan nilai sig sebesar ,000. Pada df = 31-2 = 29, maka ditemukan ttabel sebesar 2,045. Maka thitung > ttabel yaitu 4,218 > 2,045 dan nilai sig < 0,05 yaitu ,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan klasikal melalui teknik reinforcement untuk mereduksi prokrastinasi akademik peserta.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: bimbingan klasikal, reinforcement, prokrastinasi akademik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nurul Fajrianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 05:09
Last Modified: 03 Oct 2023 05:09
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1201

Actions (login required)

View Item
View Item