Tiara, Lisa (2023) Efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control untuk mengatasi perilaku bullying pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (872kB)
BAB I_1915040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (452kB) | Request a copy
BAB II_1915040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (676kB) | Request a copy
BAB III_1915040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (982kB) | Request a copy
BAB IV_1915040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
BAB V_1915040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915040.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (227kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Bullying merupakan perilaku agresi berulang dimana satu atau lebih orang sengaja menyakiti atau mengganggu individu lain yang lemah secara fisik, verbal, atau psikologis. Dalam perilaku bullying, pelaku merupakan kunci utama yang perlu mendapatkan perhatian khusus. Pelaku bullying pada umumnya memiliki ciri yaitu agresivitas yang tinggi dan kurang memiliki rasa empati. Sehingga perlu upaya untuk mengurangi perilaku bullying dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-control. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah bimbingan kelompok dengan teknik self-control efektif dalam mengurangi perilaku bullying pada peserta didik di SMK Negeri 1 Kelapa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain quasi espereiment design, dengan tipe one group pretest- posttest. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Subjek penelitian yaitu peseta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kelapa. Sampel penelitian terdiri atas 12 peserta didik yang mengisi angket pretest untuk mengetahui keadaan awal perilaku bullying, selanjutan diberikannya perlakuan/treatment layanan bimbingan kelompok teknik self-control, setelah itu hasil peningkatan perilaku bullying diketahui melalui pengisian angket posttest. Teknik analisis yang digunakan untuk melihat hasil penelitian berupa uji prayarat analisis normalitas dan uji hipotesis melalui bantuan program SPSS versi 25.
Adapun hasil penelitian yaitu pada tahap pretest menggunakan angket perilaku bullying, 12 peserta didik memperoleh kategori skor tinggi, dengan skor tertinggi sebesar 123 dan setelah diberikan posttes perlakuan maka dikategorikan sedang dengan 89. Berdasarkan pengolahan analisis data dan setelah dilakukan uji hipotesis didapatkan nilai thitung yaitu 13,756, sehingga thitung 13,756 > ttabel 10,010 dan sig 0,00 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Self Control Efektif Untuk Mengatasi Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas XI di SMK Negeri 1 Kelapa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | bimbingan kelompok; teknik self control; perilaku bullying |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Lisa Tiara |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 06:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:04 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1197 |