Paradita, Yeny (2023) Konstribusi metode demonstrasi dalam mengembangkan kognitif anak melalui kegiatan melipat origami di TK Pembina Bakam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1612036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (679kB)
Bab 1_1612036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (293kB) | Request a copy
Bab II _ 1612036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (355kB) | Request a copy
Bab III _ 1612036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
Bab IV _1612036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (521kB) | Request a copy
Bab V_1612036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
Daftar pustaka_1612036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kostribus metode demonstrasi dalam mengembangkan kognitif anak melalui kegiatan melipat kertas origami di TK Pembina Bakam.Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana kontribusi metode demonstrasi dalam mengembangkan kognitif anak melalui kegiatan melipat kertas origami di TK Pembina Bakam dan apa manfaat kontribusi Metode Demonstrasi Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Melipat kertas origami di TK Pembina Bakam.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan untuk memperoleh data penelitian, peneliti menggunakan observasi, wawancara , dan dokumentasi dari kepala Sekolah dan guru-gurunya. Kemudian untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif mendapatkan gambaran yang telah ada.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kostribusi metode demonstrasi dalam mengembangkan kognitif anak melalui kegiatan melipat kertas origami ada beberapa persiapan. Adapun persiapan guru dalam mengajar yaitu: guru menyiapkan materi pembelajaran terlebih dahulu, guru menyiapkan media, menyiapkan ruangan serta tempat duduk anak. Kemudian guru mengajarkan anak dengan memberi pengetahuan dan arahan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan tersebut. Membimbing anak dalam keterampilan melipat kertas origami. Sedangkan kendala-kendala guru dalam mengembangkan kognitif anak melalui kegiatan melipat kertas origami ialah: Setiap anak memiliki tangkap yang berbeda-beda tidaklah sama, anak yang belum mengerti malas bertanya, dan anak tidak mau mengikuti arahan serta petunjuk dari guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode demonstrasi;kognitif anak;melipat origami |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | yeny paradita |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 05:03 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 05:03 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1194 |