Primaliyanti, Defi (2023) Implementasi layanan konseling individual dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (316kB) | Request a copy
BAB II_1915017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (488kB) | Request a copy
BAB III_1915017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB IV_1915017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (498kB) | Request a copy
BAB V_1915017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1915017.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (274kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya terindekasi peserta didik yang sering melakukan kenakalan remaja apabila kenakalan remaja ini dibiarkan dan tidak ditindaklanjuti maka perilaku tersebut berdampak buruk secara terus-menerus yang dapat merugikan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kenakalan peserta didik yang terjadi di SMA Negeri 1 Lubuk Besar dan mendeskripsikan implementasi layanan konseling individual dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Besar.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data lalu penarikan kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data digunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kenakalan peserta didik yang terjadi di SMA Negeri 1 Lubuk Besar yaitu : (1) kenakalan yang menimbulkan korban fisik pada orang lain; perkelahian. (2) kenakalan yang menimbulkan korban materi; pencurian. (3) kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban pihak lain; merokok. (4) kenakalan yang melawan status; membolos, sering terlambat datang ke sekolah, dan tidak mengerjakan remedial tepat waktu. Implementasi layanan konseling individual dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Besar individual melalui beberapa tahapan diantaranya: (a) Tahap perencanaan yaitu guru BK melakukan assessment dan data peserta didik yang melakukan kenakalan, guru BK merancang pembuatan RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan), guru BK memfasilitasi sarana dan prasarana, (b) Tahap Pelaksanaan yaitu attending, responding, personalizing, initiating (c) Tahap Evaluasi. Implementasi layanan konseling individual dalam mengatasi kenakalan peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Besar memperoleh hasil yang baik dikarenakan setelah pemberian layanan tersebut tidak ditemukan lagi kasus yang serupa pada siswa yang berkaitan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | konseling individual; kenakalan peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Defi Primaliyanti |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 01:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 01:16 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1185 |