Yuniarti, Riris (2023) Supervisi kepala sekolah dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Mendobarat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1715025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (811kB)
BAB I_1715025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (635kB) | Request a copy
BAB II_1715025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (577kB) | Request a copy
BAB III_1715025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (330kB) | Request a copy
BAB IV_1715025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB) | Request a copy
BAB V_1715025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (287kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1715025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (231kB) | Request a copy
Abstract
Supervisi kepala sekolah dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling sangat penting agar program-program yang telah dibuat dapat terlaksana tanpa banyak hambatan dikemudian hari. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah melakukan supervisi dan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Mendobarat Kabupaten Bangka.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, tempat penelitian ini yaitu di SMP Negeri 1 Mendobarat. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan melakukan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil wawancara yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Kepala SMP Negeri 1 Mendobarat sudah melakukan pengawasan kepada guru bimbingan dan konseling, akan tetapi masih belum sepenuhnya pengawasan terlaksana hal ini dikarenakan masih kurangnya informasi tentang fungsi dan tugas guru BK, namun untuk supervisi secara keseluruhan sudah baik. Pembinaan yang dilakukan belum terlaksana dengan baik, yang dilakukan masih sebatas pemberian arahan dan saran serta hanya pengiriman pelatihan atau rapat periodik antar guru BK. Tindak lanjut atau pemantauan berkelanjutan untuk menentukan hasil akhir yang dilakukan oleh kepala sekolah sudah dilaksanakan walau hanya sebatas berdasar hasil laporan yang dibuat oleh guru BK. Faktor-faktor yang menjadi penghambat supervisi dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling terkait pemahaman perhitungan, pengetahuan dan perencanaan, kemampuan guru BK serta konsep yang dibuat guru BK tidak ada kendala yang berarti karena secara keseluruhan guru BK sudah memahami tugasnya hanya saja dalam membuat konsep guru BK merasa kesulitan karena kesibukan jadwal yang ada dan sulitnya peserta didik untuk berhadapan dengan guru BK sehingga terhambat dalam proses pelaksanaan bimbingan dan konseling.
Kata-kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Pelaksanaan Program BK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | supervisi kepala sekolah; pelaksanaan program bk |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Riris Yuniarti |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 04:59 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 05:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1140 |