Nisa, Nur Pajriatun (2023) Implementasi kegiatan memanah dalam mengembangkan kemampuan motorik anak usia 4-6 tahun di PAUD Al-Qisya Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1812038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (967kB)
BAB I_1812038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (243kB)
BAB II_1812038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (475kB)
BAB III_1812038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (116kB)
BAB IV_1812038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V_1812038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
DAFTAR PUSTAKA_1812038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (148kB)
Abstract
INDONESIA:
Mengembangkan motorik anak melalui kegiatan memanah anak usia 4-6 tahun di PAUD Al-Qisya Pangkalpinang yang dimana motorik anak belum berkembang secara optimal, ada beberapa anak yang belum maksimal dalam menarik anak panah dan memegang busur panah dan ada juga sebagian anak badannya masih kaku dalam melakukan kegiatan panahan. Pada saat panahan dilakukan ada juga anak yang masih belum percaya diri dan belum fokus dalam kegiatan panahan. Sehingga perlu memberikan bimbingan dan arahan yang lebih saat kegiatan panahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan memanah dalam mengembangkan motorik anak usia 4-6 tahun dan untuk mengetahui bagaimana hasil dari implementasi kegiatan memanah dalam mengembangkan motorik anak usia 4-6 tahun di PAUD Al-Qisya Pangkalpinang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subjek penelitian adalah anak kelompok A dan B (usia 4-6 tahun) berjumlah 6 anak. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa kegiatan memanah di PAUD Al-Qisya Pangkalpinang terdapat tiga tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun tahapan pelaksanaan kegiatan memanah yaitu: mempersiapkan alat, mengumpulkan anak-anak dan memperkenalkan alat memanah, menjelaskan teknik menggunakan alat memanah, memberikan contoh teknik memanah, menanyakan kepada anak terkait media memanah, memberikan kesempatan pada anak untuk mencoba, mendampingi anak dalam kegiatan memanah. Dari kegiatan tersebut terlihat bagaimana hasil dari kegiatan memanah yaitu : mengkoordinasikan tangan dan kaki, melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi, terampil menggunakan tangan kanan dan kiri. Hampir semua indikator tersebut berkembang sesuai harapan, dan ada juga sebagian anak pada indikator tertentu sudah berkembang sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; kegiatan memanah; motorik |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | nur pajriatun nisa |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:41 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:41 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1117 |