Armedi, Rama (2023) Pengaruh strategi mind mapping terhadap hasil belajar ilmu hadis siswa ilmu-ilmu keagamaan di MAN 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911136.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911136.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
BAB II_1911136.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (224kB) | Request a copy
BAB III_1911136.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
BAB IV_1911136.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (266kB) | Request a copy
BAB V_1911136.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (12kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911136.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (103kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya partispasi belajar yang memicu rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh strategi Mind Mapping dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Hadis di kelas XI jurusan Ilmu-Ilmu Keagamaan. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Pangkalpinang dengan menggunakan strategi Mind Mapping.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen, dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan ganda pre-test dan post test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus paired samples test, dan uji kolmogrof smirnof t-test 2 dengan rumus independent samples test.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terhadap data hasil tes diperoleh bahwa penerapan strategi Mind Mapping memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Ilmu Hadis. Dibuktikan dengan uji hipotesis dengan uji kolmogrof smirnof 2 sampel dengan rumus independent samples test diperoleh thitung 2.827 ttabel 1.681, maka thitung > ttabel yaitu 2.827 > 1.681 dan nilai sig > α yaitu 0,007 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan taraf signifikan α 5% (0,05). Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan setelah menggunakan strategi Mind Mapping daripada strategi konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi mind mapping; hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rama Armedi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:06 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:34 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1110 |