Gunawan, Sahrul (2020) Strategi guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dalam menanamkan nilai-nilai multikultural Dan implikasinya bagi siswa SMP PGRI Kundi. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1681083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _1681083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (471kB)
BAB II _1681083.pdf
Download (759kB)
BAB III_1681083 (.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
BAB IV_1681083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (410kB)
BAB V_1681083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (92kB)
DAFTAR PUSTAKA _1681083.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (216kB)
Abstract
Strategi Guru PAI, Penanaman Nilai-Nilai Multikultural, Implikasi Nilai- Nilai Multikultural, sebagai salah satu negara yang memiliki pemikiran serta pemahaman multikultural yang berarti siap menerima berbagai macam budaya yang mengandung unsur nilai-nilai kemanusiaan. Maka sudah sepantasnya wawasan multikultura dibangkitkan kemabalik hususnya dalam dunia pendidikan. Dengan adanya pendidikan multikultural diharapkan dapat menanamkan nilai- nilai pluralisme, humanis dan demokrasi secara langsung kepada peserta didik melalui pembelajaran baik secara langsung atau tidak langsung. Adapun yang berperan sebagai pelaku dalam proses penanaman nilai-nilai multikultural terhadap peserta didik yakni guru. Kemudian bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai multikultual terhadap peserta didik, dalam penanaman nilai-nilai multikultural, yang dimana tugas guru untuk memberikan secercah ilmu pengetahuan keagamaan serta melaksanakan tugas pendidikan kepada peserta didiknya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP PGRI Kundi, yang akan dijelaskan dalam tiga fokus yaitu; (1) Nilai-nilai
multikultural yang ada di SMP PGRI Kundi, (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menanamkan nilai multikultural melalui PAI di SMP PGRI Kundi, (3) Implikasi Nilai-Nilai multikultural bagi siswa di SMP PGRI Kundi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan ada tiga yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari metode tersebut, kemudian peneliti menganalisis data yang didapat dari sumber utama serta melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verification).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai-nilai multikultural yang ditanamkan di sekolah SMP PGRI Kundi yakni: nilai toleransi, nilai gotong royong, nilai saling menghargai dan menghormati, nilai keadilan, nilai kebebasan, nilai kebersamaan dan persaudaraan (2) strategi yang digunakan guru PAI dalam menanamkan nilai multikultural melalui; pembelajaran, keteladanan, berbagai kegiatan, dan pembiasaan.(3) implikasi nilai multikultural bagi siswa SMP PGRI Kundi, peserta didik menanamkan nilai-nilai multikultural di SMP PGRI Kundi tidak ada hambatan atau pun kendala.
Hal ini terlihat dari semua kegiatan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar tidak mengalami kendala yang sulit serta peserta didik lebih bisa mengembangkan nilai-nilai multikultural di sekolah dengan baik.
Peserta didik, telah melaksanakan nila-nilai multikultural. Dengan tidak adanya tauran di antara meraka, sikap toleransi yang tinggi, saling tolong menolong dan rasa saling menyayangi telah mereka terapkan dengan sangat baik. Ini berarti strategi yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai multikultural telah berhasil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | strategi;penanaman nilai-nilai; multikultural dan implikasi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:24 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1108 |