Aprilia, Emisa (2023) Peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia dini 4-5 tahun melalui permainan lompat tali di Tk Az-Zakyyah Desa Kace. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (939kB)
BAB I_1912019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB) | Request a copy
BAB II_1912019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB) | Request a copy
BAB III_1912019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB IV_1912019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (761kB) | Request a copy
BAB V_1912019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB) | Request a copy
Abstract
Salah satu aspek yang harus distimulasi adalah kemampuan motorik kasar anak. Hal ini dapat dilihat saat anak melakukan kegiatan permainan lompat tali tidak semua anak bisa melewati tali tersebut, sehngga kurangnya peningkatan kemampuan motorik kasar anak yang dimana menggunakan otot-otot besar. Permainan lompat tali diambil sebagai tindakan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar, karena dengan permainan tersebut anak dapat melatih otot-otot besar yang bekerja terkoordinasi sesuai dengan perkembangan anak.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Az-Zakyyah Desa Kace. Sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru TK Az-Zakyyah Desa Kace. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian dan pembahasan pada pelaksanaan permainan lompat tali dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun sesuai dengan tahapan perencanaan, guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran harian, guru mempersiapkan alat permainan lompat tali, guru mempersiapkan tempat untuk permainan lompat tali, tahapan pelaksanaan yaitu, guru mengajak anak melakukan hompimpa, guru mencontohkan permainan lompat tali, anak melakukan permainan lompat tali, dan tahapan evaluasi yaitu, guru melakukan evaluasi penilaian.
Hasil peningkatan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun melalui permainan lompat tali yaitu, anak mampu melakukan gerakan melompat dengan menggunakan satu kaki kedepan secara terarah pada karet, anak mampu melakukan gerakan meloncat dari pergelangan mata kaki sampai dengan lutut, dan anak mampu melakukan gerakan berlari untuk melewati karet gelang yang direntang memanjang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | permainan lompat tali; motorik kasar |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Emisa Aprilia |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 04:49 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 04:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1105 |