Fernando, Ihsan (2023) Penggunaan media kotak masalah dalam mengatasi permasalahan pribadi peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1815030(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1815030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (306kB)
BAB II_1815030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (203kB)
BAB III_1815030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB)
BAB IV_ 1815030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (333kB)
BAB V_1815030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB)
DAFTAR PUSTAKA_1815030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB)
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap penggunaan media kotak masalah dalam mengatasi permasalahan pribadi peserta didik di SMA Negeri 1 Lubuk Besar. Tujuan dari penggunaan media kotak masalah yaitu peserta didik yang merasa malu atau takut mengemukakan masalah dan pertanyaan yang dimilikinya secara langsung dapat menyampaikannya lewat media kotak masalah, selain itu kotak masalah juga dapat menjadi sumber data tentang kebutuhan konseli sebagai pertimbangan penyajian materi layanan bimbingan dan konseling. Disadari bahwa seorang yang mengungkapkan masalah secara langsung itu tidak mudah dan tidak gampang karena peserta didik masih berperasaan kalau dirinya datang kepada Guru BK dianggap orang yang bersalah atau berkasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media kotak masalah dan faktor pendukung dan penghambat media kotak masalah di SMA Negeri 1 Lubuk Besar.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang memberikan hasil pengumpulan data digunakan peneliti berupa wawancara dengan guru BK dan peserta didik. Observasi dalam bentuk non partisipan, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian dalam penggunaan media kotak masalah dalam mengatasi permasalahan pribadi adalah Guru BK melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung media kotak masalah adalah Peserta didik yang memiliki sifat tertutup bisa juga menceritakan permasalahan yang sedang dihadapinya sekarang dengan leluasa. Adanya kesukarelaan dari seorang konseli dalam peroses bimbingan. Peserta didik akan menjadi pribadi yang lebih terbuka dalam menceritakan permasalahannya. Sedangkan faktor penghambat media kotak masalah adalah tidak ada jalinan hubungan ataupun interaksi antara konselor dengan konseli. Adanya jarak antara konselor dengan konseli. Seorang konselor tidak bisa melihat kondisi non verbal atau kondisi psikologis dari konselinya. Tindak lanjut dari penyediaan media kotak masalah adalah yaitu memberikan layanan bimbingan dengan strategi layanan konseling individual maupun kelompok bidang bimbingannya yaitu bidang bimbingan pribadi, sosial, belajar dan karir.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penggunaan; media kotak masalah; permasalahan pribadi |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ihsan Fernando |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 06:21 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 06:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1089 |