Alimah, Nurul (2023) Metode pendidikan influentif untuk anak usia dini perspektif Abdullah Nashih Ulwan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1912050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB II_1912050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (372kB) | Request a copy
BAB III_1912050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB) | Request a copy
BAB IV_1912050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (462kB) | Request a copy
BAB V_1912050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (55kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (217kB) | Request a copy
Abstract
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan hasil pengamatan dan pertimbangan terhadap apa yang tampak (fenomena sosial) yang terjadi di masyarakat berhubungan dengan anak usia dini, yang pada akhirnya bahwa saat ini mutlak diperlukannya metode-metode pendidikan influentif yang efektif dan berhasil untuk dipergunakan dalam mendidik anak anak usia dini. Abdullah Nashih Ulwan telah memberikan sumbangan yang cukup luar biasa terkait metode pendidikan influentif yang tepat diterapkan untuk anak usia dini dengan memperhatikan beberapa hal penting yang membantu dalam penggunaan metode tersebut agar tepat dan berhasil .
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis metode pendidikan influentif untuk anak usia dini perspektif Abdullah Nashih Ulwan, serta relevansi dan signifikansinya terhadap pendidikan anak usia dini saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan interpretatif dan juga kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari berbagai sumber kepustakaan yang relevan dengan penelitian serta data di lapangan (fenomena sosial) sebagai penguat alasan pengambilan permasalahan. Sumber utama dalam penelitian ini yakni tulisan Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan anak dalam bentuk terjemahannya Pendidikan Anak dalam Islam yang diterjemahkan oleh Ari Rahman Hakim cetakan tahun 2020. Selanjutnya, setelah semua data terkumpul dilakukanlah cross check dan pengelompokkan sesuai sistematika penelitian untuk selanjutnya pada bab analisis dianalisis menggunakan teknik analisis isi (content anaslysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis 5 metode pendidikan influentif perspektif Abdullah Nashih Ulwan diantaranya: metode keteladanan, metode kebiasaan, metode nasihat, metode perhatian/pengawasan, dan metode hukuman efektif dan memiliki tingkat keberhasilan tinggi dalam proses pendidikan anak usia dini (informal, formal, dan non formal). Adapun relevansinya bahwa kelima metode tersebut meskipun telah dicetuskan 50 tahun yang lalu namun, masih tetap sangat relevan diterapkan terhadap pendidikan anak usia dini saat ini yakni di era 4.0. Signifikansinya kelima metode tersebut terangkum ke dalam tiga nilai-nilai pendidikan yakni nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode pendidikan; influentif; anak usia dini; abdullah nashih ulwan |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | NURUL ALIMAH |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:51 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:51 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1073 |